Selasa, 21 Agustus 2012

TAMAN BUNGA NUSANTARA, CIPANAS, WEST JAVA, INDONESIA

Taman Bunga Nusantara terletak di Jl. Mariwati Kilometer 7, Desa Kawung-luwuk Kecamatan Sukaresmi Cipanas-Cianjur, dengan luas lahan 35 hektar, Taman Bunga Nusantara menyajikan keindahan dan pesona bunga serta alam yang tertata apik. Berdiri sejak tanggal 10 September 1995, taman display pertama di Indonesia ini dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman bunga yang terkenal dan unik di seluruh dunia.




Untuk menuju ke Taman Bunga Nusantara, waktu yang bisa ditempuh dari Jakarta lebih kurang 2 sampai 3 jam (tergantung kepadatan lalu lintas menuju puncak).Setelah keluar pintu tol Ciawi kita mengambil arah jalan ke puncak. Melalui jalan raya puncak, sampai melewati puncak pass, setelah jembatan kita menjumpai pertigaan Pacet, lalu belok kiri ke arah Perumahan Kota Bunga. Dari persimpangan ini jaraknya hanya 9 km. 



Saat memasuki pintu utama berupa bangunan dengan ciri khas Jawa Barat (menyerupai bangunan Gedung Sate) kita langsung disuguhi keindahan tanaman bunga yang dibentuk menyerupai burung merak, dimana di depannya terdapat kolam berundak yang dikelilingi bunga-bunga warna-warni. Pada ekornya disusun berbagai jenis tanaman bunga beraneka warna, burung merak ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dilihat. Tidak jauh dari burung merak terdapat jam raksasa yang disusun pula dari berbagai jenis tanaman bunga. Jangan dikira jam raksasa ini hanya pajangan belaka ternyata jam ini bergerak dan berdentang setiap jam. Kita dapat juga menggunakan fasilitas kereta untuk berkeliling Taman Bunga Nusantara, dengan menambahkan Rp.5000/orang.



Di sebelah kiri setelah pintu masuk kita menjumpai koleksi tanaman air di area Taman Air. Lalu di di kanan menyusuri jalan tampak 2 'ekor' Dinosaurus yang terbuat dari tanaman setinggi 7 meter dan 10 meter, tegak anggun di padang rumput yang cukup asri. Setelah kita berbelok kita akan menjumpai koleksi bunga dengan tematik dari beberapa negara seperti Perancis, Amerika, Jepang, Belanda dan lain-lain.


Selain dipenuhi koleksi bunga, Taman Bunga Nusantara juga tersedia arena bermain bagi anak-anak seperti Mini Cart Race, Super Go-Kart, Battery Mini Car, Mini Old Train, Bumper Car, Horse Back Riding, Water Bike, ATV dan lain-lain.

Di samping itu di Taman Bunga Nusantara juga terdapat Amphitheater, Food Stalls, Restaurant dan Coffee Shop.  



Selain sebagai sarana rekreasi Taman Bunga Nusantara juga dipakai sebagai kebun percobaan dengan berbagai jenis bunga dan tanaman tertentu yang berasal dari daerah subtropis dan negara-negara beriklim dingin di Eropa, Amerika, dan Australia. Ada berbagai macam taman khusus yang ditampilkan di TBN, mulai dari taman air, taman mawar, taman Perancis, taman rahasia (labirynth), taman bali, taman mediterania, taman palem, dan taman gaya Jepang.




FASILITAS:
  • Coffee Shop dan Tea Shop
  • Arena bermain anak 
  • Restaurant
  • Area Piknik

TIKET MASUK :
  • Rp. 25.000/orang khusus tiket masuk orang saja.
  • Rp. 30.000/orang, untuk tiket masuk dan naik kereta keliling Taman Bunga Nusantara
  • Rp. 10.000/mobil
  • Rp.   5.000/motor

PETUNJUK JALAN :
Untuk menuju ke Taman Bunga Nusantara dapat dilakukan melalui 2 arah, yaitu dari arah Ciawi dan dari arah Cipanas.

ROUTE JAKARTA - CIAWI - PUNCAK - TAMAN BUNGA NUSANTARA
Link : http://www.panoramio.com/photo/50794439
Route berjarak sekitar 40 kilometer dari pintu Tol Ciawi. Setelah keluar pintu tol Ciawi kita mengambil arah jalan ke puncak. Melalui jalan raya puncak, sampai melewati puncak pass, setelah jembatan kita menjumpai pertigaan Pacet (berjarak 33 kilometer), lalu belok kiri ke arah Perumahan Kota Bunga. Dari pertigaan Pacet ini hingga ke Taman Bunga Nusantara  berjarak sekitar 7 kilometer. 

ROUTE BANDUNG - CIPANAS - TAMAN BUNGA NUSANTARA
Route berjarak sekitar 20 kilometer dari kota Cianjur ini sering dilakukan oleh para pelancong dari arah Bandung atau daerah-daerah sepanjang Bandung hingga Cipanas. Dari kota Cianjur ambil jalan menuju ke arah kota Cipanas, hingga menjumpai pertigaan Hancet/ Hanjawar (sebelum Wisma Kompas) ambil arah jalan ke kanan. Terus mengikuti Jalan Hanjawar hingga menjumpai Jalan Marwati belok ke kiri.   


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar